1. Konsep upaya peningkatan mutu madrasah ( kata kunci ) : |
Pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan dengan pelatihan dan efisiensi kerja untuk meningkatkan mutu pendidikan secara umum. |
2. Prioritas pengembangan madrasah tahun 2009/201 |
a. | Kurikulum
Menyusun silabus KTSP
- Memberlakukan KTSP
- Penataran dan sosialisasi kurikulum KTSP dan desain pembelajaran
- Melakukan pembentukan kelompok belajar dan les kelas 9
- Lomba Mapel tiap akhir bulan ( hari senin )
|
b. | Kesiswaan - Meningkatkan kedisiplinan peserta didik
- Mengisi dan mengembangkan kegiatan ekstra komputer, menjahit, drum band, Bahasa Inggris, Laboratorium IPA
- Pengembangan kegiatan pramuka
- Kegiatan jama’ah
|
c. | Sarana-Prasarana
- Pembangunan pagar keliling
- Melengkapi sarana Drum Band
- Pengadaan sarana komputer, mesin jahit
- Pengadaan Tempat Sepeda
|
d. | Humas - Melakukan pembentukan Komite Madrasah
- Kegiatan pertemuan wali murid rutin catur wulan ( pengajian dan laporan )
- Sosialisasi Madrasah ke Sekolah di lingkungan Kecamatan Prambanan dan Manisrenggo untuk persiapan PSB
- Kampanye Madrasah
|
Permasalahan dan Cara Mengatasinya |
1. |
Aspek Kurikulum - Jumlah buku kurikulum; yang sesuai belum memadai ( masih langka )
- Menggunakan buku yang sudah ada dengan mengurutkan sesuai kurikulum
- Kurang sosialisasi kurikulum KTSP
Upaya - Pengadaan buku
- Work Shop Guru
- Sosialisasi Kurikulum 2006 / Standar isi
|
2. |
Aspek Kesiswaan - Masih rendahnya animo masyarakat untuk memasukkan putra –putrinya ke MTsN dan rendahnya nilai NEM asal sekolah/Madrasah
- Tempat tinggal siswa yang jauh dari Madrasah
- Tingkat ekonomi masyarakat rendah
Upaya - Mensosialisasi keberadaan MTsN di lingkungan Kecamatan Prambanan dan Manisrenggo
- Memberi beasiswa bagi siswa yang berprestasi, peringkat 1 – 10 nilai Ujian SD/MI
|
3. | Aspek Sarana - Tidak memiliki ruang BP, OSIS dan UKS
- Pagar keliling roboh akibat gempa
Upaya - Mengadakan ruang / pagar sementara
- Mengajukan proyek
|
4. | Aspek Ketenagaan - Masih lemahnya komitmen guru dalam mengajar
- Kurangnya buku pegangan guru
Upaya - Memberi motifasi dan penataan pada guru
- Melakukan MGMP dan penataran / Work Shop
|
Program Pengembangan |
- Peningkatan profesionalisme guru dengan meningkatkan mutu SDM melalui Penataan & MGMP, pelatihan dan study banding serta work shop KTSP
- Rencana pengembangan dengan skala prioritas keterampilan khusus (Menjahit, Komputer, Otomotif) dan melengkapi sarana Drum Band
- Menjalin kerja sama dengan ( masyarakat, lembaga pendidikan SD, MI, tokoh ulama) dan instansi terkait dengan melakukan kampanye pendidikan
- Pengembangan laboratorium bahasa dan laboratorium IPA
- Pembentukan kegiatan pesantren
- Melanjutkan perbaikan bangunan yang rusak akibat gempa
|
Agenda |
- Jangka pendek menambah & meningkatkan profesionalisme guru lewat praktikum MAFIKIBB dan penataran KTSP
- Mengoptimalkan sarana keterampilan yang ada guna membekali kecakapan hidup ( life skill ) kepada anak agar bisa hidup ditengah-tengah masyarakat
- Melakukan kegiatan peningkatan mutu SDM guru dan karyawan
- Pembentukan kegiatan pesantren dan menciptakan suasana keagamaan
- Menjalin kerja sama dengan masyarakat sekitar untuk sosialisasi Program MTsN Prambanan
|
Hasil yang Diharapkan dalam Kegiatan
Belajar Mengajar |
- Terjadinya perubahan sikap pada peserta didik ( kognitif, afektif dan psikomotor )
- Terbentuknya kompetensi siswa-siswi dengan kemampuan yang dimiliki
- Membentuk peserta didik yang iman dan taqwa, berakhlak mulia dengan bekal keterampilan yang dapat digunakan kedepan ditengah-tengah masyarakat
- Dapat mencapai nilai NEM yang baik serta materi yang lain
- Dapat melanjutkan ke sekolah pada jenjang yang lebih tinggi
|
Indikator Keberhasilan Pembelajaran |
- Adanya perubahan sikap pada peserta didik ( kognitif, afektif, psikomotor )
- Adanya kompetensi siswa – siswi dengan pertumbuhan dan pengembangan
- Adanya peningkatan pengamalan ibadah dalam hubungan dengan Allah dan sesamanya sehari-hari
- Dapat meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi
- Mendapatkan nilai UAN yang meningkat dari tahun yang lalu
- Anak-anak banyak yang melanjutkan sekolah yang lebih tinggi jenjangnya
|
Upaya yang Ditempuh dalam Pencapaian Tujuan |
- Melakukan kegiatan koordinasi dan komunikasi intern dan ekstern
- Mengoptimalisasi pembagian tugas yang sudah ada dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala
- Mendorong dan memotivasi semua komponen pendidik ( guru, karyawan, siswa ) untuk memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan madrasah
- Mendorong untuk melaksanakan semua program yang telah ditetapkan untuk direalisasi dengan memperhatikan situasi kondisi yang ada
|