Motto: Unggul Prestasi dalam Nuansa Islami

Sabtu, 05 Maret 2011

Perencanaan


1. Konsep upaya peningkatan mutu madrasah ( kata kunci ) :

    Pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan dengan pelatihan  
  dan efisiensi kerja untuk meningkatkan mutu pendidikan secara umum.

2. Prioritas pengembangan  madrasah tahun 2009/201
a.
 Kurikulum
  1. Menyusun silabus KTSP
  2. Memberlakukan KTSP
  3. Penataran dan sosialisasi kurikulum KTSP dan desain pembelajaran
  4. Melakukan pembentukan kelompok belajar  dan les kelas 9
  5. Lomba Mapel tiap akhir bulan ( hari senin )
b.
Kesiswaan
  1. Meningkatkan kedisiplinan peserta didik
  2. Mengisi dan mengembangkan kegiatan ekstra komputer, menjahit, drum band, Bahasa Inggris, Laboratorium IPA
  3. Pengembangan kegiatan pramuka
  4. Kegiatan jama’ah
c.
Sarana-Prasarana
  1. Pembangunan pagar keliling
  2. Melengkapi sarana Drum Band
  3. Pengadaan sarana komputer, mesin jahit
  4. Pengadaan Tempat Sepeda
d.
Humas
  1. Melakukan pembentukan Komite Madrasah
  2. Kegiatan pertemuan wali murid rutin catur wulan ( pengajian dan laporan )
  3. Sosialisasi Madrasah ke Sekolah di lingkungan Kecamatan Prambanan dan Manisrenggo untuk persiapan PSB
  4. Kampanye Madrasah
Permasalahan dan Cara Mengatasinya

1.

Aspek Kurikulum
  1. Jumlah buku kurikulum; yang sesuai belum memadai ( masih langka )
  2. Menggunakan buku yang sudah ada dengan mengurutkan sesuai kurikulum
  3. Kurang sosialisasi kurikulum KTSP
Upaya
  1. Pengadaan buku
  2. Work Shop Guru
  3. Sosialisasi Kurikulum 2006 / Standar isi

2.

Aspek Kesiswaan
  1. Masih rendahnya animo masyarakat untuk memasukkan putra –putrinya ke MTsN dan rendahnya nilai NEM asal sekolah/Madrasah
  2. Tempat tinggal siswa yang jauh dari Madrasah
  3. Tingkat ekonomi masyarakat rendah
Upaya
  1. Mensosialisasi keberadaan MTsN di lingkungan Kecamatan Prambanan dan Manisrenggo
  2. Memberi beasiswa bagi siswa yang berprestasi, peringkat 1 – 10 nilai Ujian SD/MI
3.
Aspek Sarana
  1. Tidak memiliki ruang BP, OSIS dan UKS
  2. Pagar keliling roboh akibat gempa
Upaya
  1. Mengadakan ruang / pagar sementara
  2. Mengajukan proyek
4.
Aspek Ketenagaan
  1. Masih lemahnya komitmen guru dalam mengajar
  2. Kurangnya buku pegangan guru
Upaya
  1. Memberi motifasi dan penataan pada guru
  2. Melakukan MGMP dan penataran / Work Shop

Program Pengembangan


  1. Peningkatan profesionalisme guru dengan meningkatkan mutu SDM melalui Penataan & MGMP, pelatihan dan study banding serta work shop KTSP
  2. Rencana pengembangan dengan skala prioritas keterampilan khusus (Menjahit, Komputer, Otomotif) dan melengkapi sarana Drum Band
  3. Menjalin kerja sama dengan  ( masyarakat, lembaga pendidikan SD, MI, tokoh ulama) dan instansi terkait dengan melakukan kampanye pendidikan
  4. Pengembangan laboratorium bahasa dan laboratorium IPA
  5. Pembentukan kegiatan pesantren
  6. Melanjutkan perbaikan bangunan yang rusak akibat gempa
Agenda
  1. Jangka pendek menambah & meningkatkan profesionalisme guru lewat praktikum  MAFIKIBB dan penataran KTSP
  2. Mengoptimalkan sarana keterampilan yang ada guna membekali kecakapan hidup ( life skill ) kepada anak agar bisa hidup ditengah-tengah masyarakat
  3. Melakukan kegiatan peningkatan mutu SDM guru dan karyawan
  4. Pembentukan kegiatan pesantren dan menciptakan suasana keagamaan
  5. Menjalin kerja sama dengan masyarakat sekitar untuk sosialisasi Program MTsN Prambanan
Hasil yang Diharapkan dalam Kegiatan
Belajar Mengajar


  1. Terjadinya perubahan sikap pada peserta didik ( kognitif, afektif dan psikomotor )
  2. Terbentuknya kompetensi siswa-siswi dengan kemampuan yang dimiliki
  3. Membentuk peserta didik yang iman dan taqwa, berakhlak mulia dengan bekal keterampilan yang dapat digunakan kedepan ditengah-tengah masyarakat
  4. Dapat mencapai nilai NEM yang baik serta materi yang lain
  5. Dapat melanjutkan ke sekolah pada jenjang yang lebih tinggi
Indikator Keberhasilan Pembelajaran
  1. Adanya perubahan sikap pada peserta didik ( kognitif, afektif, psikomotor )
  2. Adanya kompetensi siswa – siswi dengan pertumbuhan dan pengembangan
  3. Adanya peningkatan pengamalan ibadah dalam hubungan dengan Allah dan sesamanya sehari-hari
  4. Dapat meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi
  5. Mendapatkan nilai UAN yang meningkat dari tahun yang lalu
  6. Anak-anak banyak yang melanjutkan sekolah yang lebih tinggi jenjangnya
Upaya yang Ditempuh dalam Pencapaian Tujuan

  1. Melakukan kegiatan koordinasi dan komunikasi intern dan ekstern
  2. Mengoptimalisasi pembagian tugas yang sudah ada dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala
  3. Mendorong dan memotivasi semua komponen pendidik ( guru, karyawan, siswa ) untuk memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan madrasah
  4. Mendorong untuk melaksanakan semua program yang telah ditetapkan untuk direalisasi dengan memperhatikan situasi kondisi yang ada